Cute Blue Flying Butterfly

Rabu, 13 April 2011

Sejarah virus komputer

Apa itu virus komputer? Pertanyaan ini mungkin sering berkelebat di dalam pikiran kita ketika mendengar seseorang yang mengeluh bahwa datanya hilang oleh virus komputer.

Memang virus komputer bisa melakukan apa saja terhadap komputer yang diserangnya, bukan hanya menghilangkan data, tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan pada hardware komputer. Jadi sebenarnya apa itu virus komputer sehingga menjadi bahan yang sangat ditakuti oleh pengguna komputer?

Berikut ini akan diulas secara singkat tentang apa itu virus komputer dan cara untuk menghadapi serangan virus komputer ini.

Sejarah Virus Komputer

Virus pertama kali diciptakan pada tahun 1960-an di laboratorium AT&T Bell oleh para peneliti di saat istirahat, sebagai program untuk permainan di mana program yang satu diciptakan untuk menghancurkan program lain dan mempunyai kemampuan untuk menggandakan diri. Program yang paling mampu bertahan terhadap serangan program lain adalah pemenangnya. Karena menyadari bahayanya program yang mereka ciptakan ini, setelah pulang kerja para peneliti ini selalu menghapus program ini.

Selanjutnya pada tahun 1980-an, Fred Cohen mendemosntrasikan kepada masyarakat tentang virus buatannya yang dapat berkembang dan menyebar pada beberapa komputer. Setelah itu virus semakin berkembang dan memasuki Indonesia pada tahun 1988 dan dikenal sebagai virus Pakistan.

Kemampuan Virus Komputer

Virus komputer umumnya berukuran kecil dan mempunyai kemampuan-kemampuan dasar, diantaranya:

1. Memperbanyak diri

Kemampuan ini adalah kemampuan yang dimiliki oleh semua virus komputer di mana sebuah virus komputer dapat memperbanyak dirinya sendiri dan menulari media penyimpanan lain.

2. Menyembunyikan diri

Kemampuan menyembunyikan diri ini membuat para pemakai komputer tidak menyadari bahwa komputernya terjangkit virus.

3. Mengadakan manipulasi

Manipulasi yang dilakukan oleh virus ini bermacam-macam tergantung dari program yang dibuat untuk virus tersebut. Diantaranya adalah kemampuan untuk menyembunyikan file atau folder, mengganti settingan registrasi ataupun settingan software.

4. Mendapatkan informasi

Kemampuan ini membuat sebuah virus komputer mengetahui letak-letak file yang ada dimedia penyimpanan. Dengan kemampuan mendapatkan informasi ini sebuah virus komputer akan mengetahui lokasi file yang akan diinfeksinya.

5. Mengenali diri

Kemampuan mengenali diri ini membuat suatu virus komputer dapat mengetahui keberadaan dirinya pada suatu file. Jika suatu file sudah terinfeksi maka virus komputer tidak akan menginfeksi ulang file tersebut.

Sebuah program bisa disebut virus komputer jika mempunyai kemampuan-kemampuan yang sudah disebutkan di atas. Saat ini banyak sekali jenis virus komputer yang siap menjangkit komputer dan menyebar ke komputer yang lain.

Jenis Virus Komputer

Berdasarkan teknik pembuatannya :

1. Virus Compiler

Virus ini berukuran sangat kecil dan dibuat dengan bahasa mesin. Keunggulan virus ini adalah hampir dapat melakukan manipulasi terhadap semua file yang ada di Sistem Operasi.

2. Virus Macro

Virus ini dibuat dengan memanfaatkan sistem modular yang ada di suatu program, misalnya saja Microsoft Word, Microsoft Excel, Corel Wordperfect, dan program-program lainnya. Karena itu sasaran utam dari virus ini adalah file-file program tersebut.

3. Virus Script

Virus ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript maupun VBscript.

Masing-masing virus mempunyai keunikan berbeda-beda tergantung dari pembuatnya. Ada virus yang merusak dan ada virus yang hanya menampilkan pesan kepada penguna komputer.

Semoga artikel ini berguna untuk menjawab pertanyaan “apa itu virus komputer”. Cara yang paling efektif untuk menangkal virus ini adalah dengan memasang antivirus di komputer kita. Antivirus memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus yang ada di komputer kita maupun yang akan menyerang komputer kita. Berikan rating untuk artikel di atas Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Technology Blog